Berita

Orientasi Kader Kesehatan Remaja di Sekolah Tingkat SLTP dan SLTA di Kabupaten Pekalongan Tahun 2019

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satu upaya yang telah dilaksanakan adalah peningkatan pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah bagi anak usia sekolah.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia sekolah yang dilakukan secara terpadu melalui kegiatan Trias UKS, yang terdiri atas Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan yang bersih dan sehat.

Kader Kesehatan Remaja di Sekolah merupakan kegiatan yang menunjang UKS, terutama dalam mengubah dan menanamkan sikap serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kader Kesehatan Remaja ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan program UKS di sekolah maupun di lingkungannya, terutama dalam menolong dirinya sendiri, teman-temannya, adik-kakaknya, orang tuanya, gurunya dan masyarakat sekitarnya untuk menuju hidup sehat.

Kader Kesehatan Remaja menjadi pelopor dan penggerak hidup sehat serta meningkatnya rasa kepemimpinan dan tanggung jawab di bidang kesehatan. Kader Kesehatan Remaja di Sekolah yang dibina dalam kegiatan ini adalah siswa sekolah tingkat lanjut (SLTP dan SLTA), yang diharapkan lebih memahami aspek-aspek kehidupan remaja, sehingga mereka memiliki pandangan perilaku hidup bersih dan sehat, terhindar dari kenakalan remaja serta mampu mencegah pengaruh penyalahgunaan Narkoba.

Untuk mewujudkan itu semua perlu adanya pembinaan yang optimal oleh petugas kesehatan melalui orientasi yang sudah direncanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.

 

TUJUAN

  1. Setelah orientasi peserta didik dapat menjadi penggerak hidup bersih dan sehat, yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan untuk membantu memberikan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan sederhana dan pembinaan lingkungan sehat;
  2. Peserta didik dapat membantu pelaksanaan UKS dalam pelaksanaan program UKS dari sekolah dan lingkungannya.

 

PESERTA

Peserta Orientasi Kader Kesehatan Remaja di Sekolah ini sebanyak 100 siswa SLTP dan SLTA di wilayah Kabupaten Pekalongan.

 

NARASUMBER DAN MATERI

Narasumber kegiatan Orientasi Kader Kesehatan Remaja di Sekolah ini sebanyak 3 (tiga) orang dengan materi sebagai berikut :

  1. KPA Pekalongan : M. Iqbal Masruri, SKM, M.Kes (HIV/AIDS)
  2. PMI Pekalongan : Panca Setyo W, S.Pd (Teori P3K dan Praktek)
  3. Dinkes Pekalongan : dr. Ida Sulistiyani (Germas dan Stunting)

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan Orientasi Kader Kesehatan Remaja di Sekolah ini telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 31 Januari 2019 bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan, Jl. Rinjani No. 02 Kajen.

 

BIAYA

Biaya kegiatan ini dibebankan pada Dana Alokasi Umum Dinkes Kabupaten Pekalongan tahun 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close