Berita

Penyuluhan Kesehatan pada GOW tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kabupaten Pekalongan

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan yang optimal, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu upaya kesehatan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan promosi kesehatan pada masyarakat.

Promosi kesehatan sebagai salah satu pilar dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang merupakan upaya penting dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Untuk mengefektifkan kegiatan promosi kesehatan pada masyarakat, telah dan terus akan diupayakan berbagai kegiatan yang dapat mendukung keberhasilannya.

Kegiatan-kegiatan promosi kesehatan akan berhasil dengan baik apabila ada dukungan dari berbagai komponen baik lintas program, lintas sektor, ormas, lembaga swadaya masyarakat, tokoh masyarakat, serta lembaga atau kelompok lain di masyarakat yang peduli terhadap masalah-masalah kesehatan.

Dalam rangka membudayakan perilaku sehat di masyarakat, maka perlu dilakukan kegiatan yang mempunyai daya ungkit tinggi terhadap perubahan perilaku melalui penyuluhan kesehatan pada masyarakat terutama GOW di Kabupaten Pekalongan.

 

TUJUAN

Mensosialisasikan dan membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga di tingkat kabupaten, sehingga rumah tangga sehat di Kab. Pekalongan meningkat.

 

PESERTA

Peserta pertemuan ini sebanyak 50 (lima puluh) orang yang terdiri dari :

  1. Bhayangkari Cabang Pekalongan :  5 orang
  2. Bhayangkari Ranting Kajen :  5 orang
  3. Persit Kartika Candra Kirana Kodim Pekalongan :  5 orang
  4. Persit Kartika Candra Kirana Koramil Kajen :  5 orang
  5. Dharma Wanita Persatuan Kab. Pekalongan :  6 orang
  6. PD Aisyiyah Kab. Pekalongan :  6 orang
  7. Nasyiyatul Aisyiyah Cabang Kajen :  6 orang
  8. Muslimat NU Cabang Kab. Pekalongan :  6 orang
  9. Fatayat NU Cabang Kab. Pekalongan :  6 orang

 

NARASUMBER

Narasumber sebanyak 3 (tiga) orang yang berasal dari Persagi Cabang Kab. Pekalongan, Hakli Cabang Kab. Pekalongan dan IAKMI Cabang Kab. Pekalongan.

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan Pertemuan ini telah dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 11 Februari 2019 di Aula lantai 1 Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan, Jalan Rinjani No. 2 Kajen.

 

MATERI PENYULUHAN

  1. STUNTING
  2. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
  3. Germas dan Isi Piringku

 

BIAYA PERTEMUAN

Biaya pertemuan ini dibebankan pada Dana APBD Dinkes Kab. Pekalongan Tahun 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close