• +62 285 381744
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Berita

PERTEMUAN DETEKSI DINI KESEHATAN RAMAJA DINAS KESEHATAN KAB. PEKALONGAN  PADA BULAN AGUSTUS DAN SEPTEMBER  TAHUN 2022

PERTEMUAN DETEKSI DINI KESEHATAN RAMAJA DINAS KESEHATAN KAB. PEKALONGAN PADA BULAN AGUSTUS DAN SEPTEMBER TAHUN 2022

Penyebab Kematian Ibu di Kabupaten Pekalongan Semester I berjumlah 11 kasus adalah Pre Eklampsi 5, Covid 19 ada 1 kasus, Perdarahan 2, gangguan Metabolik 1, Penggumapalan darah Otak 1, Syock Neurogenik.

Penyebab perdarahan salah satunya adalah anemia pada masa kehamilan. Anemia merupakan suatu keadaan dimana komponen di dalam darah yaitu haemoglobin (Hb) dalam darah jumlahnya kurang dari kadar normal. Remaja putri memiliki resiko sepuluh kali lebih besar untuk menderita anemia dibandingkan dengan  remaja putra. Remaja sangat membutuhkan asupan zat besi untuk membentuk sel darah merah dan diperlukan untuk untuk pembentukan sintesa haemoglobin. Hal ini terjadi karena remaja setiap bulannya mengalami menstruasi yang berdampak kekurangan zat besi dalam darah. Penyebab terjadinya anemia yang utama adalah kurangnya asupan zat besi dalam makanan atau tablet tambah darah.

Anemia pada remaja dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan fisik, gangguan perilaku serta emosional, hal ini dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan sel otak sehingga dapat menimbulkan daya tahan tubuh menurun, mudah lemas dan lapar, konsentrasi belajar terganggu, prestasi belajar menurun serta dapat mengakibatkan produktifitas kerja yang rendah. Masa remaja merupakan masa yang lebih banyak membutuhkan zat gizi. Remaja membutuhkan asupan gizi yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Kurangnya asupan gizi pada remaja putri umumnya kekurangan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak dan kekurangan zat besi mikro seperti vitamin dan mineral. Kurangnya zat gizi makro dan mikro dapat menyebabkan tubuh menjadi kurus dan berat badan turun drastic, pendek, sakit terus dan anemia.

Salah satu program pemerintah untuk penaganan anemia pada remaja yaitu pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja puteri. Namun masih  terdapat ketidak optimalan program yang sudah dijalankan dan tidak dilakukannya pemantauan kepatuhan konsumsi TTD serta pemantauan kadar haemoglobin darah (hb) pada remaja puteri sehingga perlu dilakukan kegiatan Deteksi Dini berupa pemeriksaan Kesehatan (cek hb, status gizi, buta warna dan tajam penglihatan) pada remaja pueri di Wilayah Kab. Pekalongan sebagi upaya mendukung peningkatan cakupan Kesehatan remaja. Selain itu untuk meningkatkan Kesehatan tubuh remaja di era pandemic covid

Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja terkait Kesehatan
  2. Memperoleh Gambaran Kesehatan Remaja
  3. Meningkatkan umur harapaan hidup
  4. Menurunkan angka Kehamilan Remaja
  5. Menurunkan angka kematian

Peserta dan jadwal pertemuan adalah Siswi Remaja Putri dari Sekolah:

  1. MA Salafiyah Kedungwuni (75 siswi) tanggal 13 Agustus 2022
  2. MA Salafiyah Proto (75 siswi) 13 Agustus 2022
  3. MTS AL-Fattah Talun (40 siswi) 31 Agustus 2022
  4. SMAN I Kajen (75 siswi) 9 September 2022
  5. MTS Salafiyah Simbang Kulon (40 siswi) 13 September 2022
  6. SMP 2 Paninggaran (40 siswi) 15 September 2022
  7. SMP Satu Atap Simego Petungkriyono (40 siswi) 20 September 2022
  8. MA YMI Wonopringgo (40 siswi) 21 September 2022

 

Narasumber dan Materi Pertemuan:

  1. Kesehatan Reproduksi (Dinas Kesehatan)
  2. Remaja mileneal Remaja Sehat (Anggota Dewan Propinsi / Dinkes)
  3. Pencegahan Penularan Covid 19 (Anggota Dewan Propinsi)
  4. Peran Remaja Dalam Pembangunan Daera (Anggota Dewan Propinsi/Kabupaten)

Kegiatan dilanjutkan minum Tablet Tambah Darah Bersama Anggota Dewan untuk 75 Remaja Putri. Adapaun hasil pemeriksaan Sekrenning Kesehatan bagi remaja putri untuk Sekolah yang sudah dilaksanakan adalah sebagai berikut:

 

NO

SEKOLAH

BB Kurang

Obesitas

KEK

Anemia

1

MAS Rifaiyah

21

17

32

17

2

MASS Proto

37

6

40

16

3

SMAN I Kajen

37

6

40

16


© 2022 Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan. All Rights Reserved.