Kajen - Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan melalui Puskesmas Talun melakukan penyemprotan cairan insektisida lewat pengasapan atau fogging (Minggu,  25/02/2024) 

Pelaksanaan fogging yang menyasar masyarkat dan SMA di lingkungan kecamatan Talun ini merupakan upaya Dinas Kesehatan untuk pencegahan penyebaran nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah, proses pengasapan sendiri dilakukan di dalam hingga halaman rumah, serta selokan di sekitar permukiman warg. 

Pemberantasan penyakit DBD harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada Masyarakat. Mencegah terjadinya penyebarluasan penyakit DBD lebih efektif menggunakan PSN 3M Plus yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan Menguras bak mandi, Menutup wadah penampungan air, dan Menggunakan kembali barang-barang bekas yang dapat menjadi perindukan atau sarang nyamuk.  Plusnya dengan menggunakan lotion obat nyamuk oles, tidak menggantung pakaian bekas pakai, menggunakan kelambu saat tidur, dan menaburkan bubuk larvasida atau abate di kolam bak mandi yang berukuran besar. Meskipun sudah dilakukan fogging, kegiatan PSN 3 M Plus sangat lebih efektif untuk pencegahan penyakit Malaria dan Demam Berdarah, jadi untuk masyarakat yang menginginkan foging sebaiknya dipertimbangkan dulu resiko atau bahaya akibat obat foging yang menempel dirumah dan sekitarnya terhadap kesehatan kita.